JurnalTepungTerigu

KELIMA: 3 Film yang Lekat dalam Ingatan

2 comments
Review Film 3 Idiot
Sumber gambar: FMB


Kali ini aku hendak berbagi tentang beberapa film yang bikin bersemangat, sadar diri, menginspirasi, baper plus susah move on. Film memang menjadi salah satu mediator dalam pembelajaran hidup yang beranekaragam serta tidak jarang menjadi referensi masyarakat di beberapa segmen. Mulai dari edukasi yang remeh temeh, persahabatan, bermusik dan berdansa, berbisnis, bahkan cara bercinta. Ups, yang terakhir kudu digarisbawahi. Wkwkwk.

Dari sekian film yang pernah kutonton, berikut adalah 3 cerita yang disajikan dalam audio visual berdurasi kurang lebih enam puluh menit dan membuatku ketagian. Wajib rasanya menyapa penulis skenario pun tak luput sutradaranya sembari minum kopi (emang mereka sodara lu apa pakek acara ngopi segala?) :v

Have a Song on Your Lips


Film Have a Song on Your Lips
Sumber gambar: IMDB
Lagu yang dinyanyikan kelompok paduan suara siswa Jepang untuk mengikuti perlombaan sekaligus menjadi soundtrack dari film ini sungguh menginspirasi. Memberi makna mendalam tentang betapa berharganya kehidupan yang kita punya. Betapapun sulitnya hari-hari yang kita lalui beserta takdir dari Tuhan, apapun itu pasti mempunyai alasan. Layaknya takdir Satoru, salah satu tokoh dalam film ini. Pikiran tentang keinginan untuk tidak bersama kakaknya yang autis, terkadang muncul dan membuatnya putus asa. Keinginan tersebut ada dalam surat yang ia tulis untuk dirinya sendiri di masa depan. Sangat menyentuh dan tanpa pamit membuat mataku berair berkali-kali. Belum lagi cerita tokoh lainnya yang sama-sama menyanyat hati (sumpah nulis review ini aku baper) huhu.. :'(

Kepada siapapun yang membaca surat ini
Di manapun kamu berakhir, dan apa yang kamu lakukan untuk dirimu sendiri?
Ketika usiaku 15 tahun, inilah yang aku pikirkan
Sesuatu yang tidak bisa aku katakan pada siapapun
Tapi jika ini adalah surat untuk diriku di masa depan
Aku percaya diri kalau aku bisa melupakan dan melewatinya

(Penggalan terjemahan lirik lagu Tegami dari film Have a Song On Your Lips)

Kalo kamu kepo sama lagunya, klik link ini.

3 Idiots

Review Film India Jadul
Sumber gambar: IMDB
Film kedua yang akan aku ulas adalah film Bollywood 3 Idiots. Film yang pada masa rilisnya sangat memukau banyak penonton. Begitu pun aku yang sedari dulu hingga sekarang masih sering nonton film-film bergenre India. Maklumlah, menyukai film bollywood itu serasa menerima warisan dari masyarakat tahun 90-an. Ckckck
3 idiot adalah salah satu film yang edukatif dan banyak mengandung kritik terhadap dunia pendidikan yang menjadikan masyarakat seperti robot dan mesin dalam proses belajar mengajar. Tidak hanya itu, film ini menampar keras kaum-kaum yang mendewakan nilai dengan cara tidak sehat. Kreatifitas dan kerja keraslah yang pada akhirnya akan menang. Tak luput pula ketulusan dan kejujuran.

Adegan yang paling menyesakkan dada itu ketika Joy tertangkap kamera drown buatannya sendiri tengah tergantung mengakhiri hidupnya sebab tidak bisa lulus tahun itu. Sumpaaaaahh nyesek banget (spoiler dikit ga papa yak :D) Kalian yang belum tahu, ndang nonton gih. Serius! Beberapa kali nonton, berkali-kali aku mewek dan memaki diri sendiri. Dan lagi, film ini lumayan kocak juga. Bikin ngakak di sela-sela mewek. Keren!

Tanda Tanya

Review Film Tanda Tanya
Sumber gambar: Wikipedia
Tidak begitu banyak koleksi film Indonesia yang pernah kutonton. Film Tanda Tanya adalah salah satu film yang menurutku sangat berkesan dalam ingatan. Alur ceritanya yang menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama serta sekumpulan masyarakat dengan ras berbeda menyadarkan aku betapa banyaknya hikmah dari lahirnya perbedaan. Ada kisah cinta yang rumit dalam film ini. Cinta antar orang tua dan anak, antara pasangan suami istri, pun antara sepasang kekasih yang kisahnya kandas karena berbeda keyakinan.

Teringat kembali saat pertama kali menonton film yang dibintangi Reza Rahardian ini--aktor yang aktingnya selalu keren dalam peran apapun. Aku menontonnya tengah malam sendirian di kamar. Sungguh menyita perhatian dari aktifitas lain. Lagi-lagi aku terpukul dan menangis akibat alur ceritanya. 

Buzzz, sudah lengkap 3 film paling berkesan dan berkali-kali ditonton tapinga bosan yang Momon@KampusFiksi minta. Sebenarnya masih banyak film lain yang bagus dan mengiinspirasi. Tapi 3 film di atas yang paling aku ingat judul dan beberapa nama tokohnya. Yaaah, memang aku lemah dalam mengingat nama orang, judul buku, film, lagu, dan sejenisnya, pun sangat sulit mengingat rute jalan. Terlepas dari itu semua, aku mampu mengingat alur cerita dan curhatan orang lain. Hehe..

Baik para pembaca yang budiman, aku butuh lebih banyak lagi referensi film. Genre apapun yang penting recomended. Kalau ada film komedi atau film-film fantasi yaa. Aku sudah lelah mencecerkan air mataku :D Silahkan tinggalkan komentarmu, gratis kok ;)
Miela Baisuni
Jatuh cinta pada buku sejak sekolah menengah, menulis adalah kecintaan mulai usia yang kalau ditanya jujur terus jawabannya. Sekarang milih fotografi dan travelling sebagai pelengkap hobi sebelumnya. Nice to see you!

Related Posts

2 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. kita menyukai film yang sama 3 idiots sebagai posisi film kedua. hahahha mungkinkah ini yang namanya jodoh? eh?

    ReplyDelete

Post a Comment