JurnalTepungTerigu

Blogspedia Coaching; Kelas Kece untuk Menanggalkan Kecupuan

Post a Comment

Keseruan Blogspedia Coaching



Tiga bulan improve skill per-blogging-an cukup menguras tenaga dan waktu. Namun di kelas Blogspedia Coaching, rasa lelah tersebut tidak menjadi sebuah hambatan. Belajar dari awal bersama teman seperjuangan yang sama cupunya mengenai blog adalah pengalaman dan kenangan berharga.

Aku memulai untuk menulis di blog sejak 2013 silam. Namun kondisi blog tersebut sangat menyedihkan. Jarang kuisi dengan postingan baru. Tampilannya pun jauh dari kata menarik meskipun beberapa kali kuganti template. Apalagi kalau berurusan dengan SEO-friendly, sungguh sangat tidak qualified. Jadi tidak heran jika pengunjungnya sedikit.

Entah kenapa di tahun 2020 ini aku kembali menengok ruang ekspresiku tersebut setelah sekian lama. Muncul keinginan untuk merawatnya lagi setelah lebih 3 tahun dianggurin. Kalau diibaratkan rumah, sudah pasti berdebu, sawangan, syukur-syukur jika tidak dihuni makhluk lain. (kok ya ngeri sih bayanginnya).

Alhamdulillah aku bersyukur sekali di bulan Oktober, aku mendapat informasi mengenai kelas untuk blogger pemula ini. Dari semua ketentuan dan gambaran materi yang akan dipelajari, aku sangat tertarik. Mau tahu gimana keseruannya? Akan aku ulas agar kamu yang tertarik dengan kelas Blogspedia bisa punya gambaran. Let’s cekidot!

Proses Rekruitmen Blogspedia Coaching

Pada Blogspedia coaching batch 1 yang kuikuti, cara pendaftarannya dengan mengisi form. Jika kamu sudah punya blog, maka pasti akan diminta melampirkan link. Blog kamu jelek? Miskin konten? Tidak punya content plan? Owwwh tidak masalah, Guys! Justru semakin cupu kamu di dunia blogging, maka semakin besar kesempatan untuk lolos 😆

Owner dari kelas untuk blogger ini memang dikhususkan bagi para cupuers. Diperuntukkan pula untuk calon peserta yang mau menggunakan blogspot. Jika memakai platform lain seperti wordpress, maka kelas Blogspedia bukan pilihan yang tepat. Kecuali kamu bersedia beralih pada blogspot.

Semua calon peserta yang dianggap memenui kriteria, dihubungi oleh owner yang sekaligus menjadi mentor di Blogspedia Coaching. Terdapat beberapa pertanyaan yang harus kami jawab untuk menunjukkan keseriusan dan komitmen. Jangan tanya isi pertanyaannya ya! Kurahasiakan biar menarik 😋

Pertanyaan tersebut aku jawab dengan antusias. Alhamdulillah aku masuk dalam salah satu dari 45 peserta pelatihan kece ini. Setelah itu kami semua dimasukkan dalam satu grup chatting dan classroom sebagai ruang belajar. 

Mentor yang Kompeten dan Super Sabar

Mentor Kece Blogspedia Coaching

Berbicara tentang sosok mentor pelatihan di Blogspedia, sungguh secara pribadi aku salut. Dari sekian banyak kesibukannya, blogger senior yang bernama Marita Ningtyas ini masih berbaik hati berbagi ilmu. Pergolakan batinku hingga memutuskan untuk blogging semakin kuat berkat motivasinya.

Gaya mentoring yang digunakan oleh coach Marita sama sekali tidak menggurui kendati pun ia adalah guru bagi kami. Ia begitu sabar menghadapi semua peserta kelas meskipun ada yang bertanya berkali-kali dengan pertanyaan sama. Suasana pelatihan selalu berlangsung seru dan tidak monoton.

Meskipun di batch 1 ini pesertanya didominasi oleh kaum ibu, namun aku tetap bisa berbaur secara baik dengan mereka. Aku yakin juga karena komunikasi yang dibangun oleh si mentor. Pembawaannya santai saat memberikan penjelasan, namun tegas dengan peraturan yang dibuat.

Coach Marita sangat telaten terutama dalam materi yang bersifat teknis. Semisal pembahasan tentang memasang Top Level Domain (TLD) dan permak template blog. Etdah, aku ajungi 4 jempol! Sungguh sabar dan detail. Jika terjadi kasus yang tidak biasa dalam proses teknikal tersebut, ia pasti akan mencarikan solusinya. Jadi, jangan sia-siakan jika coach Marita membuka lagi kelas ini di batch berikutnya ya! 

Materi Berbobot dan Relevan

Selain mentor yang kompeten dan kece badai, materinya tentu juga menarik. Melebihi ekspektasiku saat pertama kali membaca rundown kelas selama 3 bulan di awal pertemuan. Hah, tiga bulaaaan? Iya, Guys! Kelas ini berlangsung cukup lama dengan materi yang berbobot semua. Bisa kamu lihat secara detail di gambar jika tidak percaya.

Rundown Program Blogspedia Coaching

Dari permulaan mengikuti kelas ini, aku selalu bersyukur. Meskipun ada beberapa materi yang sudah pernah kupelajar, namun tetap saja ada hal baru yang kudapatkan. Jadi aku tidak melewatkan satu pun dari penjelasan yang diberikan coach Marita.

Sesi yang paling berkesan bagiku adalah saat belajar tentang SEO dan pemasangan domain. Usaha agar artikel kita dikenali oleh mesin pencari Google dan meningkatkan pageview sungguh menantang. Apalagi saat memasang domain sendiri sempat terjadi hambatan. Selama 2 hari aku hampir sepanjang hari terus mantengin layar laptop.

Domain blogku belum juga berhasil terpasang di saat punya peserta lain berhasil. Setiap setengah jam sekali aku cek, tetap saja muncul notifikasi gagal. Mau tidur, mau makan, terus saja gelisah. Beruntungnya coach Marita menemukan masalah yang sedang kualami dan membantuku mengatasinya. Ya ampuuun benar-benar tak terlupakan.

Beberapa peserta Blogspedia yang lain pun turut membantu memecahkan permasalahan yang kualami. Kami saling menyemangati satu sama lain. Ini adalah lingkungan belajar yang ramah dan penuh energi positif. 

Menikmati Sensasi Tendangan Marmar

Selain materi yang berkualitas, di kelas ini penuh dengan tugas-tugas yang produktif. Dalam sepekan ada 2 tugas yang diberikan oleh mentor. Baik tugas berupa tulisan maupun tentang teknis dan utak-atik blog. Semakin menantang tugas ini dengan adanya sesi tendangan Marmar atau tendangan Madun. Oh, apakah itu?

Bagi peserta yang tidak mengerjakan kewajiban dan tidak mengikuti instruksi yang diberikan mentor, maka akan dikeluarkan dari grup. Kalau sudah di-kick tentu tidak bisa masuk lagi dong. Sayang sekali kan kalau ditendang di awal-awal materi dimulai? Akan banyak materi berharga yang gagal didapatkan di kelas ini.

Setiap kali coach Marita mengunci grup dan melakukan aksi tendangannya, suasana menjadi tegang. Aku pun tidak jarang panas dingin. Meskipun aku mengerjakan tugas sesuai instruksi, tapi tetap saja merasa was-was. Sungguh mendebarkan.

Sesi ini menjadikan kami termotivasi untuk tidak mudah menyerah. Sebab, semakin hari materinya semakin menarik. Aku pun tentu tidak ingin menyia-nyiakan ilmu tersebut. 

Itulah serangkaian kegiatan belajar bersama Blogspedia Coaching yang kujalani. Terima kasih kepada coach Marita Nigtyas atas dedikasi dan sharing ilmunya. 

Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang tertarik untuk mengikutinya juga. Tidak lama lagi Blogspedia Coaching batch 2 akan dibuka, Guys! Persiapkan dirimu!


Miela Baisuni
Jatuh cinta pada buku sejak sekolah menengah, menulis adalah kecintaan mulai usia yang kalau ditanya jujur terus jawabannya. Sekarang milih fotografi dan travelling sebagai pelengkap hobi sebelumnya. Nice to see you!

Related Posts

Post a Comment