JurnalTepungTerigu

Menggunakan Template Blog SEO-Friendly

2 comments
Memasang template SEO-Friendly

Ada perasaan lega yang kurasakan saat menulis konten ini. Akhirnya aku berhasil menggunakan Template blog SEO-friendly. Selain mempercantik tampilan blogku, ternyata ia menambah mood bagus. Berulang-ulang kali aku lihat dan berulang kali tersenyum sendiri. Semacam sedang falling in love pada gebetan.

Perubahan ini tentu tidak lepas dari kebaikan mentorku yang sangat telaten dan sabar. Memutuskan untuk ikut kelas Blogspedia Coaching ternyata sama sekali tidak membuatku kecewa. Sangat banyak perubahan yang kualami. Tentunya dalam merawat blog pribadi. Terima kasih coach Maritaningtyas!

Manfaat Permak Template Blog


Mengganti template bawaan blogspot pada template pihak ketiga adalah keputusan yang tepat. Hal ini harus kamu lakukan jika bertujuan untuk menaikkan traffic blog. Kesempatan untuk mendapatkan pembaca yang lebih banyak tentu akan lebih mudah.

Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan jika kamu melakukan permak blog. Tidak hanya pasrah pada tampilan dasar blogspot. Berikut ini manfaat dari template blog:

1. Mempercantik Tampilan Blog


Template lama Jurnal Tepung Terigu

Impresi pengunjung bertambah ketika desain blog kita menarik. Ibarat manusia, tampilan yang good looking tentu lebih banyak mengundang perhatian orang lain. Jadi sebagai blogger, jangan cuma penampilan diri yang diperhatikan, ya! Make up juga blognya dong ๐Ÿ˜‰ 

Template yang dipilih tidak harus yang mewah dan dipenuhi dengan pernak pernik seperti musik dan animasi. Justru dua hal tersebut tidak disarankan untuk dipasang. Hanya membuat berat saja dan loadingnya lebih lama. Pilih saja desain sederhana namun elegan. Mainkan kreatifitasmu dalam memadupadankan warna dan gambar. Tata letak juga sangat berpengaruh pada penampakan sebuah blog. 

Coba perhatikan gambar di atas. Itu adalah template lama blog Jurnal Tepung Terigu. Jika dibadingkan dengan desain sekarang, tidak banyak yang berubah dari segi warna. Aku tetap mempertahankan tema monokrom untuk blog ini. Namun tata letaknya lah yang lebih rapi. Tampilannya juga semakin ciamik!

2. Memanjakan Pembaca


Pembaca tidak hanya akan berkunjung pada blog kita barang sebentar. Mereka aka merasa betah membaca dari satu konten ke konten lainnya. Artikel yang telah kita tulis akan memiliki pembaca yang setia. Jadi, kualitas tulisan belumlah cukup tanpa didukung oleh desain yang menarik.

Meskipun kamu hanya ingin menjadikan blog sebagai tempat menuangkan pemikiran, jangan biarkan pengunjung kabur. Kamu pasti akan sangat butuh pembaca. Karena dengan adanya mereka, semangat menulismu bisa meningkat.

3. Bisa Tampil di Halaman Depan Google


Tips Memasang Template SEO-Friendly

Selain memasang Top Level Domain (TLD), mendekorasi template blog juga memicu naiknya traffic dan pageview. Template yang dipakai tentunya tidak sembarangan. Kamu perlu memperhatikan performa darinya. Sangat disarankan memilih template blog SEO-Friendly.

Mengapa demikian? Karena tidak semua template yang mengandung formula yang ramah terhadap SEO. Salah satunya adalah template bawaan dari blogspot. Jadi, kamu perlu mengubahnya pada desain blog dari pihak ketiga.

Desain Blog SEO-Friendly

Terbukti setelah memakai template SEO-Friendly, artikel-artikelku muncul di halaman depan Google. Sebelumnya pasti susah muncul di mesin pencarian. Kalaupun muncul, keseringan ada di halaman 4 dan 5. Bahkan ada yang berada di urutan paling belakang. Sediiih.

4. Menambah Penghasilan


Setelah sering muncul di halaman pencarian, jumlah pengunjung akan naik pesat. Perubahan ini tidak hanya mendatangkan kesenangan emosional. Akan tetapi juga memberi asupan pada sisi finansial kita. Menulis di blog dapat mendatangkan cuan, loh!

Kita punya kesempatan untuk mendapat tawaran dari perusahaan maupun perorangan untuk mengiklankan produk. Selain itu, kita juga bisa dapat bayaran dari Google dengan mengaktifkan adsense blog. Menjadi manusia rumahan pun tidak apa-apa. Kita bisa menjalani karir dengan remote working. Menarik, kan?

Menata Template Blog SEO-Friendly yang Sederhana


Dalam menata blog dibutuhkan ketelatenan dan ketelitian. Kesabaranmu akan diuji selama proses pemasangannya. Ada banyak kode-kode dan bahasa pemograman yang sungguh bikin pening. Aku pun mengalaminya. Melihat deretan kode di layar laptop rasanya mual. Apalagi saat terjadi kesalahan input lalu harus setting dari awal. Huaaaaaa sungguh ingin merobek-robek barang yang ada di sekitar ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜•

Nah, biar kamu tidak menghadapi emosi yang serumit aku, maka aku akan kasi rambu-rambu. Apa saja elemen penting yang harus diutak-atik terlebih dahulu dalam memasang template SEO-friendly. Fokuslah pada hal-hal berikut ini dan centang setiap kali kamu sudah selesai melakukannya.

1. Memilih Template yang Berkualitas

Kata berkualitas ini tidak harus berbayar ya! Kamu bisa menggunakan template gratisan yang tentunya SEO-Friendly. Aku sendiri juga pakai yang tidak berbayar. Jadi, hemat di kantong. Salah satu yang direkomendasikan oleh para blogger senior adalah template Fiksioner dari Igniel.

Selain dapat mendongkrak traffic, tampilannya juga eye-catching. Jadi tidak khawatir terlihat jadul dan jelek. Jika kamu ingin menggunakan template gratisan lain, ada beberapa opsi yang recommended. Cobalah unduh di blantertheme.com atau gooyaabitemplates.com.

Kalaupun tidak memilih dua opsi tersebut tidak apa-apa. Namun cek terlebih dahulu kualitas di website seoptimer.com. Jika hasilnya di atas 90 maka sangat bagus untuk digunakan.

2. Ekstrak file unduhan template

Setelah mengunduh template di website resminya, ekstraklah file berbentuk zip tersebut. Kemudian open with pilih Notepad. Akan keluar semua kode-kode yang bacanya pun tidak tahu harus dibaca gimana. Wkwkwkkwk. Bersiaplah untuk pusing.

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan back up template bawaan blogspot. Kamu bisa mencari tutorialnya di google. Mudah kok. Mengapa harus di back up? Ya, berjaga-jaga khawatir pemasangan template baru tidak berhasil. Jadi kamu bisa menggunakan lagi desain yang lama.

3. Kulik Elemen Penting untuk SEO

Dikarenakan aku menggunakan Fiksioner, jadi aku beri tahu elemen yang harus dikulik di template ini. Bagian yang paling utama adalah di bagian edit HTML. Langkahnya, klik menu Theme/tema di dashboard bloggermu, lalu klik panah ke bawah, pilih edit HTML.

Nah, akan muncul banyak sekali kode. Ctrl + A kode tersebut dan hapus. Kemudian buka file template unduhan yang berformat xml. Open with notepad untuk mengambil kodenya. Copy semua kode di dalam file tersebut. Lalu Paste ke halaman HTML tadi.

Berikut ini adalah kode-kode yang harus kamu kulik yang aku dapat dari kelas Blogspedia Coaching:

Permak Template Blog SEO-Friendly
Sumber gambar: Blogspedia Coaching

 
Gimana? Pusing ga lihat kode di atas? Itu baru segelintirnya saja, Guys. Bagian-bagian penting dan utamanya saja agar sesuai SEO. Jadi kapan nih kamu akan menggunakan template blog SEO-friendly?


Miela Baisuni
Jatuh cinta pada buku sejak sekolah menengah, menulis adalah kecintaan mulai usia yang kalau ditanya jujur terus jawabannya. Sekarang milih fotografi dan travelling sebagai pelengkap hobi sebelumnya. Nice to see you!

Related Posts

2 comments

  1. Pusing tapi seru ya. Syukurnya nih belajar bareng anak muda kayak mbak Mei ini, bisa di tanya-tanya kalau lg mentok. Makasih ya.

    ReplyDelete
  2. Senangnya nongol difrist homepage mbah google

    ReplyDelete

Post a Comment