JurnalTepungTerigu

7 starter Pack Liburan ke Luar Negeri

1 comment

Starter pack liburan ke luar negeri

Saat burnout melanda, pergi traveling bersama keluarga tentu adalah pilihan yang tepat. Dengan berbekal starter pack liburan yang memadai, masa rehatmu akan lebih tenang dan menyenangkan. Apalagi kamu memutuskan untuk traveling ke luar negeri. Ada beberapa barang wajib yang harus kamu bawa.

Barang-barang tersebut harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Sebab, ada dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan untuk ke luar negeri. Jadi, bedakan ya, guys rencana liburan ke pantai dekat rumah dengan liburan lintas Negara. Kalau dekat mah tinggal bawa uang dan bawa diri aja. Ye, kan?

Siapkan 7 Starter Pack Liburan dengan Efisien

Liburan panjang menjadi impian banyak orang setelah menyelesaikan seabrek pekerjaan. Bagi kamu yang suka banget explore hal-hal baru, memilih destinasi ke luar negeri tentu akan sangat menantang. Rasakan sensasi traveling ke Negara asing yang sangat berbeda budaya, bahasa, kebiasaan, mode transportasi, dan lain sebagainya.

Untuk mendukung kamu survive di sana jangan lupakan 7 hal berikut ini ya!

1. Dokumen Penting

Jika kamu berlibur di dalam negeri, terlebih di kota sendiri, mungkin dokumen yang penting adalah KTP dan SIM. Menjadi berbeda apabila tujuanmu lintas Negara. KTP tidak lagi dibutuhkan. Dokumen tersebut digantikan oleh passport. Kemanapun kamu pergi, wajib membawanya selama di Negara tujuan.

Dikarenakan pembuatan passport tidak bisa kilat, maka persiapkan dokumen ini dari jauh-jauh hari. Prosedur dan persyaratan pembuatan passport bisa kamu baca di sini.

Berkas lain yang dibutuhkan adalah tiket pesawat pulang pergi. Jangan coba-coba kamu hanya membeli tiket pesawat berangkat saja. Bisa-bisa kamu tidak dibolehkan melanjutkan perjalanan oleh petugas imigrasi. Kamu harus tahu kapan akan kembali ke Indonesia agar tidak dicurigai sebagai tenaga kerja illegal.

Satu lagi berkas yang harus kamu siapkan, yakni tiket hotel atau penginapan selama berada di Negara tujuan. Jika ada keluarga di sana, maka pastikan kamu tahu alamat lengkapnya agar dipercaya oleh petugas yang memeriksa.

2. Travel Bag Praktis

Starter pack liburan yang kedua adalah travel bag yang tidak membuatmu rempong. Pilih ransel atau koper yang tidak besar namun bisa memuat banyak barang.  Semakin simple bawaanmu, akan semakin memudahkan perjalanan. Berdasarkan pengalamanku, lebih nyaman pakai koper dari pada ransel.

Kalau menggunakan ransel lalu melakukan perjalanan jauh dari satu tempat ke tempat lain, akan melelahkan. Nah, jika pakai koper, kamu bisa geret atau dorong. Pastikan kopernya ada rodanya ya! 😆 Kalau tanpa roda ya tambah rempong. wkwkwk

3. Pakaian dan Aksesoris Simple

Waktu aku ke Malaysia dan Singapore di awal tahun 2020, aku hanya bawa barang dalam satu koper kecil. Bahkan di dalamnya sudah terisi lengkap sepatu cadangan dan tas kecil untuk kebutuhan explore tempat wisata. Salah satu destinasi yang kukunjungi adalah Bangunan Merah Melaka. Berjalan mengitarinya jadi puas dan menyenangkan tanpa khawatir dengan barang bawaan.

Trik yang harus kamu tahu adalah teknik melipat pakaian yang efisien. Bisa kamu cari tahu di youtube secara otodidak. Banyak banget tutorialnya, Guys! Peletakan dan tata layout semua barang dalam tas harus super hemat. Sangat disarankan membawa pakaian yang lentur dan tidak berat.

4. Toiletries dan Make Up

Jangan lupa menyediakan peralatan mandi dan make up dengan wadah super mini. Selain untuk menghemat ruang, ada peraturan ketat di pesawat mengenai ini. Setiap barang yang berbentuk cairan dan liquid tidak boleh lebih dari  100ml. Perhatikan baik-baik peraturan ini.

Jika melebihi dari volume tersebut, pasti barangmu akan disita. Lalu di Negara tujuan harus beli lagi. Belum tentu di sana tersedia. Kalau pun ada, harganya pasti akan berbeda dan cenderung lebih mahal.

Masukkan semua kebutuhan mandi dan make up dalam satu tas khusus. Tujuannya agar kamu lebih mudah memasukkan dan mengeluarkannya. Selain itu agar pakaianmu terhindar dari tumpahan cairan yang beragam.

5.    Perlengkapan Elektronik

Kalau yang ini sudah pasti bin wajib dibawa. Bahkan sebelum barang yang lain, mungkin akan kamu ingat pertama kali. Smartphone, charger, power bank, wifi travel (opsional), tongsis, kamera digital dan tidak lupa pula universal adapter.

Just for your information, bentuk colokan di setiap Negara berbeda-beda. Oleh karena itu dibutuhkan universal adapter agar kamu bisa mengisi daya ponsel setiba di sana. Jangan sampai hanya karena satu barang ini terlupakan, mood liburanmu jadi gusar dan bisa jadi histeris.

Kalau tidak bisa isi daya, tentu tidak bisa gunain ponsel dan sulit untuk melakukan banyak hal. Apalagi kamu adalah tipe traveler yang hobi sekali foto-foto. Pasti akan lebih sering nge-charge ponsel dan kamera digital.

6. Obat-Obatan Pribadi

Penting banget membawa obat-obatan meski kamu tidak punya riwayat penyakit. Tetap sediakan P3K untuk waspada. Di perjalanan jauh, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Bawalah obat yang umum dibutuhkan seperti obat luka, pusing, demam, sakit perut, koyo, minyak kayu putih, dan lain-lain.

Jika kamu tidak sakit selama perjalanan, bisa jadi partner liburanmu yang sakit. Jadi tidak ada salahnya sedia payung sebelum hujan.

7.    Uang Tunai

Kebutuhan terakhir yang penting bahkan lebih penting dari semua barang di atas, yakni uang tunai. Meskipun budget berliburmu banyak, tapi kamu hanya membawa cash sedikit bisa berabe. Tidak semua tempat yang akan kamu kunjungi tersedia ATM.

Apalagi di luar negeri yang menggunakan mata uang berbeda, weleeeeh tambah ribet, Guys! Kamu harus tahu tata cara tarik tunai di ATM luar negeri. Belum lagi pajaknya yang memperbengkak budget. Jadi hitung semua perkiraan kebutuhan selama di luar negeri. Kemudian tukar mata uang sesuai Negara tujuan melebihi perhitungan. Lebih baik lebih dari pada kurang, kan?

Nah, selain barang wajib yang sudah kujabarkan, persiapkan dengan teliti ya, Guys! Jangan lupa juga untuk sering-sering baca pedoman mengenai Negara yang akan dituju. Hal tersebut untuk menyesuaikan barang bawaanmu.

Semoga pandemi segera berakhir. Sudah pada ga sabar kan untuk bisa jalan-jalan dengan bebas? Oh iya, untuk melengkapi starter pack liburan ke luar negeri ini, tetap sediakan juga masker, tisu basah, dan handsinitizer! Meskipun tidak dalam kondisi wabah, 3 barang ini juga dibutuhkan.

 

Miela Baisuni
Jatuh cinta pada buku sejak sekolah menengah, menulis adalah kecintaan mulai usia yang kalau ditanya jujur terus jawabannya. Sekarang milih fotografi dan travelling sebagai pelengkap hobi sebelumnya. Nice to see you!

Related Posts

1 comment

  1. Bahkan kalau liburan deket rumah cuma bawa hp sama diri aja kak wkwk
    Aku pernah disita di bandara gegara bawa odol yang kegedean, parah banget si ini. Dasar aku!

    ReplyDelete

Post a Comment