JurnalTepungTerigu

Fotografi Menggunakan Smartphone untuk Konten Blog

2 comments
Tips Melakukan Fotografi Menggunakan Smartphone

Menghadirkan konten yang bisa disukai banyak pembaca butuh banyak effort. Bagi blogger pemula, menyempurnakan blog dengan visual yang menarik adalah sebuah tantangan. Itulah yang juga kualami saat ini. Namun kekhawatiranku memudar setelah mendapat pencerahan tentang fotografi menggunakan smartphone. Gilang Maulani, pemilik blog gemaulani.com berbagi tips yang menjawab pertanyaanku mengenai fotografi amatir.

Meskipun amatiran dan bermodal minim, aku tidak lagi bingung bagaimana menghasilkan gambar yang ciamik. Pada artikel ini aku akan sharing mengenai tipsnya. Buat kamu yang galau karena tidak punya kamera DSLR, tenang saja masih banyak cara, kok.

Pentingnya Sentuhan Fotografi dalam Blog

Sebelum kamu mengetahui tips menghasilkan foto kece, apakah yang mewajibkan sebuah blog memiliki sentuhan fotografi? Pastikan kamu mengetahui tujuan dan manfaatnya.

1. Pelengkap Konten

Ibarat masakan tanpa bumbu yang terasa hambar, blog pun juga mengalami hal yang sama tanpa foto atau infografis. Dengan adanya gambar, tulisan yang kamu hasilkan akan lebih mudah dipahami oleh pembaca. Aplagi jika topik yang sedang kamu bahas serius dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

2. Menarik Perhatian

Sebelum pengunjung blog memutuskan untuk membaca artikelmu, adanya gambar menjadi suatu pertimbangan. Meskipun konten yang kamu hadirkan biasa saja, pengunjung blog akan tertarik membaca dengan adanya gambar yang bagus. Oleh karena itu jangan biarkan postingan kamu gersang. Lengkapi dengan gambar meskipun hanya satu buah.

3. Memanjakan Pembaca

Menjadi sangat penting menghadirkan gambar di antara tulisan yang panjang. Pembaca tidak akan mudah lelah jika terdapat selingan infografis di dalamnya. Bahkan skill fotografimu akan membawa mereka pada tulisan-tulisanmu yang lain. Meskipun artikelmu panjang, tidak sulit bagi mereka untuk membaca hingga akhir. Terlebih jika tulisanmu berkualitas dan komunikatif.

4. Peluang untuk Dishare Lebih Luas

Tidak hanya betah dan terus berselancar di blog kamu, postinganmu berpeluang untuk disebarluaskan. Impresi yang mereka dapatkan dari pelayanan yang kamu berikan membuatnya puas. Maka kemungkinan aktifitas share ke platform yang lebih besar akan mereka lakukan. Jadi jangan sepelekan peran gambar dan foto.

Manfaat Foto Original

Memasukkan visual dalam blog lebih baik jika menggunakan hasil jepretan sendiri. Foto yang original menunjang terhadap performa blog. Selain itu ada beberapa manfaat yang lebih spesifik, yakni:

1. Bebas Copyright

Perihal copyright menjadi sesuatu yang sensitif. Banyak sekali konten yang bagus pesannya namun menjadi buruk seketika hanya karena satu foto yang tidak original. Tidak mencantumkan sumber gambarnya masuk dalam plagiasi. Oleh karena itu lebih aman menggunakan foto original agar bebas dari copyright.


2. Meningkatkan Kredibilitas Konten

Kepercayaan netizen terhadap tulisanmu semakin kuat karena foto yang dilampirkan tidak mengambil dari website lain. Value dari blogmu yang menghadirkan konten orisinal membuat para pembaca menjadikannya sebagai referensi.

3. Gambarnya Eksklusif

Foto-foto yang kamu hasilkan tentu tidak akan sama dengan orang lain. Tampilan blog kamu tampak eksklusif karena gambarnya yang tidak pasaran.

4. Menjadi Media Branding

Lagi lagi berbicara branding, foto original berperan sangat kuat dalam hal ini. Berbeda dengan yang lain akan membuatmu menonjol dan mudah diingat. Untuk melakukan branding di media sosial pun akan semakin mudah.

5. Mendapat Backlink Gratis

Jika kamu bisa menghasilkan seni fotografi yang berkualitas, tanppa diminta pun backlink dari blog lain akan kamu dapatkan. Semakin banyak orang yang menjadikan kontenmu sebagai bahan rujukan, maka peluang bertumbuhmu semakin cepat.

Alasan Melakukan Fotografi menggunakan Smartphone

Tidak perlu menunggu punya kamera mahal untuk menghasilkan foto yang bagus. Smartphone pribadi pun sangat bisa dimanfaatkan. Justru bagi kamu yang tidak fokus berprofesi fotografer, smartphone sudah cukup untuk melengkapi visual blogmu.

Kelebihan

Kelebihan yang menjadi pertimbangan untuk menggunakan smarthphone yakni sebagai berikut:

  • Hampir semua orang punya ponsel
  • Tidak rempong saat harus membawanya ke mana-mana 
  • Proses input ke blog lebih efisien karena tidak butuh transfer file 
  • Jika hendak mengeditnya, maka bisa langsung dilakukan di smartphone 
  • Kualitas yang dihasilkan kamera smartphone tidak buruk 

Kekurangan

Terdapat juga kekurangan yang menjadi bahan pertimbangan, yakni:

  • Sangat mudah terdapat noise dan distorsi
  • Akan sulit menghasilkan kualitas bagus di tempat minim cahaya 
  • Tidak bisa dicetak ukuran besar karena rentan pecah atau blur 
  • Bukaan dari lensa kamera smartphone masih seputar f 2.2 

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan fotografi menggunakan smartphone. Pastikan semua elemen di bawah ini tidak terlewat:

1. Ponsel Berkamera

Ini adalah hal yang wajib ada. Ya iyah gimana bisa menghasilkan gambar kalau tidak kameranya? Wkkwkw. Resolusi yang memadai untuk menghasilkan konten bagus minimal harus 12 Megapixel. Jika kamera ponselmu lebih rendah dari itu, masih ada cara lain yang menjadi alternatif. Maksimalkan elemen lainnya untuk menyelamatkan fotografimu.

2. Pencahayaan

Pencahayaan ini ada dua kategori. Cahaya alami dan cahaya buatan. Jika kamu menggunakan cahaya alami yang mana langsung terpapar sinar matahari, perhatikan posisi saat memotret. Hindari back light alias menghadapkan kamera ke matahari. Apabila kamu ingin menggunakan cahaya buatan, tipsnya adalah dengan bantuan lampu belajar. Jika tidak punya, kamu dapat mengunakan lampu lain asalkan warnanya putih bening. 

3. Angle

Belajar Fotografi Menggunakan Smartphone

Beberapa pilihan angle menentukan hasil dan kesan yang ingin dimunculkan. Ambillah salah satu angle berikut sesuai kebutuhanmu: 

· Eye View-Normal
 : angle yang diambil sejajar dengan objek utama. 

· Low Angle : untuk memberikan kesan mewah. Caranya adalah dengan memposisikan kamera lebih rendah objek. 

· High Angle : Posisi kamera berada lebih tinggi dari objek. 

· Bird’s Eye View : Objek diletakkan dengan posisi rebahan. Pengambilan gambarnya dari arah atas dengan posisi lurus dengan objek. 

4. Tema dan Konsep

Sama halnya dengan menulis, memotret pun butuh tema dan konsep. Pastikan temanya sesuai dengan objek yang akan dipotret. Beragam tema bisa kamu kreasikan. Mulai dari tradisional, retro, modern, kesehatan, hiburan, traveling, dan lain sebagainya.

5. Backdrop

Memilih backdrop atau alas tidak boleh sembarangan. Sesuaikan dengan objek. Pada umumnya untuk menghasilkan karya foto yang menarik, gunakan alas dari kertas bermotif serat. Ada pula yang polos, berwarna-warni, atau mengadung motif kayu. Jika tidak ada kertas, bisa menggunakan kain. Pilih juga kertas kalender bagian belakang yang polos jika kamu ingin hemat budget.

6. Nuansa dan Properti

Menciptakan nuansa yang menarik dalam sebuah foto juga ada tekniknya. Hindari memasukkan warna yang lebih terang dari objek. Maksimal gunakan 2 warna atau satu warna yang senada dengan objek foto. Jika kamu menambah properti, pastikan tidak mengalahkan komposisi pemeran utamanya.



Itulah hal-hal yang berkaitan dengan fotografi menggunakan smartphone. Jika kamu sudah mengaplikasikannya, share pengalamanmu di kolom komentar ya! Sampai jumpa di postingan berikutnya, guys!
Miela Baisuni
Jatuh cinta pada buku sejak sekolah menengah, menulis adalah kecintaan mulai usia yang kalau ditanya jujur terus jawabannya. Sekarang milih fotografi dan travelling sebagai pelengkap hobi sebelumnya. Nice to see you!

Related Posts

2 comments

Post a Comment