JurnalTepungTerigu

Mendatangkan Cuan dari Pageview Blog

Post a Comment
Cara Meningkatkatkan Pageview

Melakukan hobi menulis dan mempostingnya di blog ternyata juga bisa menghasilkan cuan. Saat di awal membuat blog, aku tidak tahu menahu mengenai peluang ini. Lalu, sekarang mulai banyak mempelajari dan telah menerapkannya secara bertahap. Salah satu faktor yang sangat menunjang terhadap per-cuan-an ini adalah pageview (PV).

Bagi para blogger pemula, hal ini tentu masih belum dipahami dengan baik. Bagaimana bisa punya blog itu jadi ladang pemasukan? (Awalnya aku juga mangap-mangap mengetahui fakta ini. Wkwkwk). Ya, memang tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Kegiatan yang awalnya hanya dianggap sebagai main-main saja, kini justru melahirkan profesi baru dengan penghasilan yang menggiurkan.

Jika kamu baru mulai bermain-main dengan blog, sebaiknya segera SKSD dengan semua hal yang akan aku tulis dalam artikel ini. Are you ready?

Kenalan dulu dengan Pageview

Apa sih pageview itu? Sejenis makanan atau binatang peliharaan kah? Ahaha, tentu bukan, non! Pageview adalah salah satu faktor yang menjadi parameter bagus tidaknya sebuah blog berdasarkan jumlah pengunjungnya (user/visitor). Semakin tinggi angka pageview, maka kualitas blog kita akan dianggap semakin bagus. Apalagi jika artikel yang kita tulis dapat membuat pembaca betah lalu menelusuri konten lain di luar yang ia cari.

Aktifitas user yang tidak hanya berkunjung pada satu postingan di blog akan menurunkan bounce rate. Istilah apa lagi itu? Penilaian terhadap performa blog yang diambil berdasarkan seberapa lama pengunjung berada di blog tersebut. Sangat bagus apabila mereka berlama-lama di setiap halaman blog kita. Jadi PRmu dan PRku juga sebagai blogger pemula untuk mendongkrak traffic.

Apa Saja Manfaat Traffic Blog?

Mengikuti webinar yang direkomendasikan oleh coach Marita Ningtyas membuatku kian melek tentang blogging. Senang sekali merayakan Hari Blogger Nasional dengan kegiatan yang produktif. Kini aku mendesak diri untuk segera menaikkan traffic. Manfaat dari pageview/traffic blog ternyata sangat diperlukan buat kita para pejuang cuan. Tidak hanya mendapat label sebagai web dengan konten berkualitas, pageview juga meyakinkan para calon mitra yang hendak bekerjasama.

Memiliki PV dengan angka yang fantastis dapat menaikkan rate card atau harga jasa yang kita tawarkan. Manfaat ini tentu mengangkat citra kita sebagai blogger yang kompeten dan terpercaya. Pihak Google juga akan mempercayakan iklan tampil di blog kita yang mana menambah income tahunan. Sampai di sini, apakah kamu mulai bertanya-tanya bagaimana cara menaikkan pageview? Incredible! Pertanyaan itu lah yang memang kuharapkan.

Kenali Sumber Traffic Kamu

Sebelum melakukan banyak hal yang berkaitan dengan menaikkan PV, sebaiknya kamu kenal pembacamu. Dari mana saja PV yang didapatkan berdasarkan evaluasi postingan lama. Untuk mengetahuinya, kamu harus mengaktifkan tools Google Search Console yang disediakan oleh Google. Terdapat 4 sumber yang dapat menjadi asal datangnya pengunjung ke sebuah blog. Berikut penjelasannya.

1. Organic Search

Sumber ini adalah sekumpulan angka visitor yang datang ke blog karena memasukkan sebuah keyword di mesin pencarian. Jika pageview kamu banyak karena organic search, maka bisa dibilang artikelmu telah disenangi Google. Alasannya yakni karena tulisanmu mengandung keyword yang banyak dicari sehingga berhasil tampil di halaman pertama.

2. Direct

User datang ke blog dengan memasukkan secara langsung alamat website di mesin pencarian adalah kategori sumber ini. Pada umumnya para blogger senior yang sudah punya branding bagus pasti akan mudah dikenal sehingga user bisa langsung mencari blognya.

3. Social

Media sosial juga menjadi sumber dari meningkatnya PV blog. Meskipun kamu belum lama terjun ke dunia blogging, tidak perlu khawatir. Apalagi jika personal branding kamu di medsos bagus dan punya banyak follower. Membagikan setiap postingan baru kamu ke medsos menjadi cara yang ampuh mendulang pageview.

4. Referral

Sumber yang satu ini kaitannya adalah dengan blog lain yang menjadikan postingan kamu sebagai salah satu referensi. Datangnya user karena klik link yang ada di artikel blogger lain juga menambah traffic secara signifikan. Poin ini ada kaitannya dengan link building yang akan dibahas di sub bahasan berikutnya.

Cara Meningkatkan Pageview Blog

Nah, tibalah di pembahasan rahasia mendapat pageview tinggi. Perhatikan satu persatu dari tips di bawah ini agar kamu tidak menyesal!

1. Riset Kata Kunci/Keyword

Sebuah artikel bertema apapun butuh satu sampai tiga keyword yang menjadi inti dari tulisan. Ibarat sebuah kompetisi, kita juga harus menonjol di antara banyak kompetitor dengan bahasan yang sama. Jika kata kuncinya saja tidak kuat, maka jangan harap akan banyak yang membaca tulisanmu.

Oleh karena itu harus dilakukan riset agar pembaca mudah menemukan blog kita saat mereka memasukkan kata kunci di mesin pencari. Seperti halnya yang kamu baca sekarang, aku menggunakan kata kunci “Pageview Blog” setelah melakukan riset. Bagaimana caranya?

Ada beberapa tools gratis yang bisa kamu manfaatkan, yakni keywoordtool.io, Google keyword Planner, keywordfinder.io, dan platform Neil Patel. Dari tools ini kamu bisa tahu kata kunci yang banyak digunakan user untuk mencari informasi sesuai dengan tema yang akan kamu tulis.

2. Menulis dengan Kaidah SEO-Friendly

Search Engine Optimization (SEO) adalah tindakan yang dilakukan para content creator untuk mengoptimasi sebuah platform agar berada di urutan teratas pencarian. Triknya beranekaragam mulai dari yang ringan hingga aktifitas yang ribet. Begitu pun yang dilakukan oleh para blogger. Hal yang paling sederhana adalah dengan meletakkan keyword di judul, pembuka tulisan, isi, dan penutup. Sealin itu menggunakan kalimat efektif yang singkat dan padat. Tips yang lebih detail akan aku tulis di postingan terpisah ya!

3. Membuat Konten Viral

Meskipun moment konten viral itu singkat, namun akan sangat membantu menambah pageview blog. Realita apa saja yang sedang hits, segera tulis sebanyak yang kamu bisa. Kekuatan dari konten viral adalah kuantitas. Semakin banyak fakta yang kamu ceritakan, maka netizen akan semakin betah mengunjungi blog kamu.

4. Link Building

Tips Mendongkrak Pageview Blog

Tips ini adalah menampilkan link artikel lain yang berkaitan dengan topik tulisan. Linknya bisa dari blog orang lain (external link) atau dari blog sendiri (internal link). Semisal nih dalam pembahasan ini, aku memasukkan internal link tentang postinganku terdahulu yang judulnya Mengapa Masyarakat Malang Menggunakan Bahasa Terbalik? 

Nah, kalimat yang mengandung link inilah yang disebut internal link karena mengarah ke artikel buatanku sendiri. Sedangkan external link contohnya bisa kamu scrolling lagi ke pembahasan tentang manfaat pageview. Di bagian itu aku menyebutkan salah satu blogger senior dengan menyertakan link blognya sebagai referensi. 

Hal tersebut bertujuan untuk menahan pembaca lebih lama. Memancing mereka agar membaca postingan yang lain dengan klik link yang sudah disediakan. Jika kamu hendak memasukkan external link, sebaiknya sumber-sumber yang kredibel saja yang dijadikan referensi.

5. Blogwalking

Nah, jangan lupa bersilaturrahmi ya dengan sesame blogger. Mengunjungi blog orang lain dan membaca postingannya dapat menambah wawasan kita. Apalagi saling bertukar komentar secara bergiliran. Tidak hanya menaikkan traffic blog, para calon mitra akan terkesan ketika melihat banyaknya interaksi di blog kita. Seperti postingan tentang alasan blogging ini adalah hasil dari blogwalking dengan teman-teman sesama blogger. Bisa kamu lihat hasilnya. Seru dan menumbuhkan semangat. Baik bagi pemilik blog maupun bagi calon mitra yang tertarik untuk menawarkan kerjasama.


6. Pagespeed Optimation

Hal sepele yang dapat berakibat fatal adalah pagespeed alias kecepatan mengakses homepage. Jika blog kamu selalu loading lama saat dikunjungi, visitor akan dengan mudah beralih ke blog lain. Agar hal demikian tidak terjadi, masukkan gambar dengan kapasitas kecil. Ukurannya maksimal 100kb. Cara ini tidak akan menghambat kelancaran akses pada web. Cara lainnya juga dengan menggunakan template ringan tanpa banyak widget.

7. Mendesain Tampilan Blog dengan Menarik

Performance selalu masuk dalam list penilaian dalam sektor apapun. Dalam dunia blogging, template adalah perwajahan dari blog kamu. Semakin menarik desain yang kamu aplikasikan, maka para visitor pun akan betah dan merasa senang setiap kali membaca postingan kamu. Selain itu, kemudahan dalam mengakses juga menjadi pertimbangan. Semisal tata letak menu, kontak penulis, dan lainnya harus simple dan komunikatif. Maka dari itu jangan sepelekan poin ini.

8. Mengulik Search Console

Sering-seringlah menggunakan tools Search Console untuk mengetahui performa blog. Jumlah klik, tayangan, ranking di halaman mesin pencarian akan ditampilkan. Dari data tersebut kita dapat mengevaluasi diri. Permasalahan apa saja yang membuat peringkat blog sangat rendah. 

9. Mengulik Google Analytics

Dengan tools ini kita tidak hanya mengetahui kualitas blog, namun juga mengenal lebih dalam para visitor. Mulai dari demografi, waktu berkunjung, hingga kebiasaan digital mereka. Perhatikan artikel apa yang mendapat banyak pageview. Setelah itu buatlah lagi tulisan yang berhubungan dengan topik tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan target user kita sebagaimana data di Google Analytics.

Menu dalam tools ini yang wajib kamu utak atik secara berkala adalah real time, audience, acquisition, behavior, insight, dan traffic source. Dari menu tersebut kamu dapat menganalisis target pasar yang sesuai dengan konten blog. Silahkan pelajari secara perlahan dan bertahap agar performa blog terus meningkat dan stabil. 


Ahaaay, setelah berkenalan dengan berbagai istilah yang berhubungan dengan pageview, saatnya kamu segera menerapkannya! Cara meningkatkan pageview blog yang sudah dibahas di atas akan sangat mendongkrak popularitas blog jika diseriusi. Suguhkan konten yang berkualitas untuk pembaca dengan memaksimalkan trik ini agar tidak hanya pembaca yang senang. Kita pun akan turut puas kedatangan banyak pengunjung, apalagi bisa menghasilkan cuan. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, cuss ke kolom komentar ya!
Miela Baisuni
Jatuh cinta pada buku sejak sekolah menengah, menulis adalah kecintaan mulai usia yang kalau ditanya jujur terus jawabannya. Sekarang milih fotografi dan travelling sebagai pelengkap hobi sebelumnya. Nice to see you!

Related Posts

Post a Comment